KESISWAAN SIT FAJAR HIDAYAH - KOTA WISATA


counter

Kamis, 17 November 2016

NILAI-NILAI KEdisiplinAn
Di setiap lembaga pendidikan formal atau non formal mempunyai aturan-aturan yang sudah ditetapkan untuk dijalankan oleh seluruh pihak di dalam PBM, aturan tersebut menjadi acuan dan pedoman dalam melaksanakan aktifitas   kegiatan  pembelajaran, tentunya peraturan yang di buat harus ditaati oleh segenap pihak terkait mulai dari pimpinan, guru, karyawan sampai kepada murid sebagai peserta didik dalam sebuah lembaga pendidikan. 
Jika membicarakan tentang peraturan ,  ada satu kata penting yaitu kedisiplinan, mau tidak mau, suka ataupun tidak sebagai seorang peserta didik, haruslah mentaati aturan dan tata tertib di sekolah didasari oleh kedisiplinan yang baik agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar  sesuai dengan  tujuan pendidikan serta visi dan misi lembaga pendidikan tersebut.
Kehadiran siswa sebelum bel sekolah berbunyi merupakan salah satu indikator keberhasilan, Penegakkan kedisiplinan  di lembaga pendidikan, siswa yang hadir terlambat perlu dilakukan penanganan yang serius,
tidak memberi tekanan fisik yang berlebihan tetapi harus  memberi efek jera kepada siswa agar berjanji untuk datang lebih awal sesuai dengan nilai-nilai edukasi yang islami.
Penindakan siswa yang hadir terlambat di SIT Fajar Hidayah menjadi pembelajaran awal kedisiplinan, pertama :   siswa dibariskan dekat pintu gerbang, periksa  kerapihan pakaian, rambut, kuku dan atribut lainya, nilai yang diajarkan kepatuhan dan kepedulian serta perhatian,  kemudian mereka di kumpulkan di aula, di data nama dan kelas, beberapa siswa yang di tunjuk memimpin murajaah, membaca & menghafal Al-Qur’an, sholat dhuha bersama, nilai yang diajarkan ketakwaan keberanian dan percaya diri, bagi siswa yang sering terlambat lebih dari tiga kali, mereka lakukan membantu kegiatan pembelajaran di TQ menyiram tanaman, membantu catering, setelah selesai mereka mengumpulkan sampah untuk  kebersihan lingkungan sekolah.
Sekolah Islam Terpadu  Fajar Hidayah berusaha menanamkan kepada peserta didik karakter serta nilai-nilai yang kuat. Dari semua penindakan siswa  yang terlambat, rasanya mengarah kepada pembelajaran karakter yang sangat penting bagi semua khususnya untuk kepentingan perkembangan pola fikir dan pemahaman tentang arti kedisiplinan tersebut,  
    Kedisiplinan yang diajarkan tetap bersikap tegas dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai edukasi yang islami, diharapkan dengan penerapan kedisiplinan tersebut, siswa akan lebih terpacu untuk dating lebih awal, dan progress yang terjadi di lapangan setiap hari semakin sedikit siswa yang dating terlambat, itupun biasanya keterlambatan mereka di sebabkan karena kesiangan dan macet, alasan klasik yang sering di utarakan.
Salah satu pembelajaran kedisiplinan kepada peserta didik adalah pada saat pelaksanaan kegiatan manasik haji, terlihat kesabaran dari tiap –tiap kloter atau kelas menunggu giliran dan berusaha sabar menjalankan serangkaian kegiatan ibadah haji, dengan jumlah kloter 69
 Pembelajaran kedisiplinan lain bagi peserta didik dilakukan  pada saat kegiatan sholat zuhur dan ashar yang dlaksanakan di masjid, dan aula sekolah, sebelum pelaksanaan mereka diminta untuk duduk tenang melakukan sholat sunah dan berzikir, selesai sholat, kultum disampaikan oleh siswa, nilai-nilai yang ditanamkan adalah ketaatan, ketakwaan, dan percaya diri.
Kegiatan Upacara menjadi ukuran kedisiplinan dalam sebuah pembelajaran kedisiplinan di  SIT Fajar Hidayah , dengan barisan rapi tegap dan berwibawa  akan terlihat perbedaan setiap siswa tentang pemahaman kedisiplinan yang di maksud, siswa yang memiliki disiplin yang tinggi akan segera menyiapkan dirinya dalam sebuah barisan, mengikuti kegiatan upacara dengan khitmat dan tegap, pertandingan olahraga memberikan pelajaran tentang kedisiplinan. Harapan menjadi juara perlu di dukung oleh kedisiplinan latihan yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar