NILAI-NILAI KEdisiplinAn
Di setiap lembaga
pendidikan formal atau non formal mempunyai aturan-aturan yang sudah ditetapkan
untuk dijalankan oleh seluruh pihak di dalam PBM, aturan tersebut menjadi
acuan dan pedoman dalam melaksanakan aktifitas kegiatan
pembelajaran, tentunya peraturan yang di buat harus ditaati oleh
segenap pihak terkait mulai dari pimpinan, guru, karyawan sampai kepada
murid sebagai peserta didik dalam sebuah lembaga pendidikan.
Jika membicarakan tentang peraturan , ada satu kata penting yaitu kedisiplinan,
mau tidak mau, suka ataupun tidak sebagai seorang peserta didik, haruslah
mentaati aturan dan tata tertib di sekolah didasari oleh kedisiplinan yang
baik agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar sesuai dengan tujuan pendidikan serta visi dan misi
lembaga pendidikan tersebut.
Kehadiran siswa sebelum bel sekolah berbunyi
merupakan salah satu indikator keberhasilan, Penegakkan kedisiplinan di lembaga pendidikan, siswa yang hadir
terlambat perlu dilakukan penanganan yang serius,
|
tidak memberi tekanan fisik yang
berlebihan tetapi harus memberi efek
jera kepada siswa agar berjanji untuk datang lebih awal sesuai dengan
nilai-nilai edukasi yang islami.
Penindakan siswa yang
hadir terlambat di SIT Fajar Hidayah menjadi pembelajaran awal kedisiplinan,
pertama : siswa dibariskan dekat pintu gerbang,
periksa kerapihan pakaian, rambut,
kuku dan atribut lainya, nilai yang diajarkan kepatuhan dan kepedulian
serta perhatian, kemudian mereka di
kumpulkan di aula, di data nama dan kelas, beberapa siswa yang di tunjuk
memimpin murajaah, membaca & menghafal Al-Qur’an, sholat dhuha bersama,
nilai yang diajarkan ketakwaan keberanian dan percaya diri, bagi siswa yang
sering terlambat lebih dari tiga kali, mereka lakukan membantu kegiatan
pembelajaran di TQ menyiram tanaman, membantu catering, setelah selesai
mereka mengumpulkan sampah untuk
kebersihan lingkungan sekolah.
|
Sekolah
Islam Terpadu Fajar Hidayah berusaha
menanamkan kepada peserta didik karakter serta nilai-nilai yang kuat. Dari
semua penindakan siswa yang
terlambat, rasanya mengarah kepada pembelajaran karakter yang sangat
penting bagi semua khususnya untuk kepentingan perkembangan pola fikir dan
pemahaman tentang arti kedisiplinan tersebut,
Kedisiplinan yang diajarkan tetap bersikap tegas dan tetap
menjunjung tinggi nilai-nilai edukasi yang islami, diharapkan dengan
penerapan kedisiplinan tersebut, siswa akan lebih terpacu untuk dating
lebih awal, dan progress yang terjadi di lapangan setiap hari semakin
sedikit siswa yang dating terlambat, itupun biasanya keterlambatan mereka
di sebabkan karena kesiangan dan macet, alasan klasik yang sering di
utarakan.
Salah satu pembelajaran
kedisiplinan kepada peserta didik adalah pada saat pelaksanaan kegiatan
manasik haji, terlihat kesabaran dari tiap –tiap kloter atau kelas menunggu
giliran dan berusaha sabar menjalankan serangkaian kegiatan ibadah haji,
dengan jumlah kloter 69
|
Pembelajaran kedisiplinan lain bagi
peserta didik dilakukan pada saat
kegiatan sholat zuhur dan ashar yang dlaksanakan di masjid, dan aula
sekolah, sebelum pelaksanaan mereka diminta untuk duduk tenang melakukan sholat
sunah dan berzikir, selesai sholat, kultum disampaikan oleh siswa,
nilai-nilai yang ditanamkan adalah ketaatan, ketakwaan, dan percaya diri.
Kegiatan Upacara menjadi ukuran
kedisiplinan dalam sebuah pembelajaran kedisiplinan di SIT Fajar Hidayah , dengan barisan rapi
tegap dan berwibawa akan terlihat
perbedaan setiap siswa tentang pemahaman kedisiplinan yang di maksud, siswa
yang memiliki disiplin yang tinggi akan segera menyiapkan dirinya dalam
sebuah barisan, mengikuti kegiatan upacara dengan khitmat dan tegap, pertandingan
olahraga memberikan pelajaran tentang kedisiplinan. Harapan menjadi juara
perlu di dukung oleh kedisiplinan latihan yang lebih baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar